Make your own free website on Tripod.com
Alumni UNSOED
Home | Kuliner Purwokerto | Siapakah Djenderal Soedirman ? | Foto Kampus Unsoed | Opini | About Ika UNSOED | University/Alumni News | Profil Alumni | Calendar of Events | Cerita dan Foto Kenangan | Job Fair/Bisnis/Beasiswa | Kiriman Foto Kenangan | Links | Data Alumni | Forum Alumni-Unsoed

Kuliner Purwokerto

Kuliner  Purwokerto...Kolom ini  secara sederhana dapat di mengerti sebagai cerita wisata masakan atau jajan dan pendukung lainnya seputar Purwokerto. Nuansa tradisional, cita rasa, eksotisme, estetika dan atraksi penyajian, serta higiena, merupakan titik-titik kekuatan inti dari produk yang ditawarkan...untuk menambah tuan-tuan, oom-oom, mas-mas, teteh-teteh, akang-akang alumni unsoed kangen kampoeng halaman dan cinta almamater. 

Tempat makan, jajan seputar Purwokerto dan sekitarnya

(posting akhir Nov-2004)

.............................................

Teh Atik

Ini yang saya kangeni, yang sering saya bayangkan bahwa kalau saya ke Pwt saya akan......

Pagi2 pergi ke alun2, beli bubur ayam, lekker, dan jajanan lain.

Siang2 saya mungkin makan di Intansari (dari Dynasti ke Timur .. letaknya di sebelah kanan/selatan sebelum prapatan DKT, bersebrangan dengan restoran Maharani). Es jeruk di sana enak. Makanannya macam2, ngambil sendiri. Nasinya uenakk. Lalu saya ke Sumampir, beli es campur. Oya, es campur Sumampir sudah pindah lho. Dulu kan di pertelon Sumampir sebelah Timur, sekarang pindah ke sebelah Barat dikit, ke arah lapangan. Letaknya di sisi Utara, bangunan ketiga dari jalan raya.

Selain Intansari, mungkin saya makan soto Sungeb di Jalan Bank, bakso Pak Suripto di pasar Cereme Purwosari, bakso Pekih, bakso depan PDAM deket alun2, bakmi Jakarta, bakso BCA (depan BCA, pinggir jalan, enak!!), bakso Niki Eco deket alun2 atau di supermarket Moro, makan Padang di Denai di Kebondalem (belakang Matahari SE), pecel Madiun di Berkoh deket Pom bensin, dan warteg2 di daerah Grendeng/Karangwangkal. Saya juga akan nyempetin jajan di Aroma.

Sore2/malam saya beli nasi goreng seafood Kribo di sebelah RM Indonesia, atau Mie Arjo (yang masaknya pake arang) di deket seafood Kribo situ, atau sate dan gule Suhada.

Tidak menutup kemungkinan bahwa kalau teman2 di Pwt mengajak makan di tempat lain, saya iyani saja :))

Oya, ada satu temuan baru.. gara2 saya diajak makan sama Kang Dudi & kel. Haloo.... Kang Dudi... kok lama nggak posting? Kami waktu itu makan di ayam goreng Tantene (iya, nama warungnya adalah TANTENE karena katanya yang jualan nggak mau dipanggil ibu ataupun mbak, maunya dipanggil tante). Sambal, nasi, ayam goreng dan es telernya enak, tempatnya juga lumayan oke. Harga mahasiswa. Letaknya deket Unwiku, ke Utara dikit.

Tempat2 makan yang saya sebutkan di atas semuanya relatif murah dibanding Top, Kabayan, Pring Gading, Pring Sewu, Pring Kembar, Dynasti.

 

Kang..Kun

Bakmi Surabaya depan Limas Agung, perlu dicoba. Terus, mie ayam Tipar
(saya kehilangan jejak, sekarang entah di mana). Ayam goreng Eco Niki
(atau Niki Eco) yang di Jl. Mesjid, dekat alun2, nasinya pulen. Bebek
goreng, di tenda samping terminal.
Ini enak, nasi ambil sendiri, ada
gulenya (spesial tulangan). Yang ini, sungguh nikmat.
Masih ada lagi. Kupat tahu, di pasar Sumampir, semoga masih ada. Ini
malam jualannya. Nasi goreng depan Tirta Kembar (tahu isinya enak),
juga malam jualannya.
Kenapa gak coba sate Banaran ? Bumbu kacangnya enak.

 

Agustinus

Ada kraca di depan penjara Jend Sud, gorengan Combro, Mendoan, Dage, Templek di pasar samping lapangan bancar kembar, mie goreng surabaya di depan perumahan limas agung. Mau nostalgia ama mahasiswa ada ayam goreng enak ada di Al Fath di grendeng. Tengah malem lapar ada warung HIKS di pertigaan FISIP. Kalo dulu di pasar wage ada sega bandem yang bukanya subuh.

 

A.Setiadi 

Kalau saya sih dari pada ayam goreng kota lebih suka sana ada ayam goreng dadakan di Baturaden (sebelah lapangan parkir). Ayamnya hanya akan dipotong kalau kita order ayam goreng dan makannya pakai sayur kamijara, duduk di lincak. Seperti di kampung tenan.

 Tambahan dari teh Atik….Iyaaa..... saya juga suka ke situu.... tempatnya bukan bentuk warung kan? Tapi wujud rumah Jawa, yang masak ya mboke tanpa pelayan profesional. Murni di rumah. Masaknya pake tungku kayu bakar, bisa duduk sambil berdiang di depan api. Kalaupun duduk di kursi, kursinya dan mejanya panjaaang.. bentuk meja kursi di rumah Jawa di kampung itu looh... Asyik memang. Selain ayam, biasanya oseng2 yang sangat kampung seperti toge item, tempe kedele item, oseng kangkung pake tempe bosok. Bisa pesen pete goreng.

 

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Makanan/Jajan sekang Purwokerto tempo doeloe hingga kini

(posting di mailing list awal desember 2003)

 

Diawal Desember 2003 rekan-rekan alumni di komunitas mailing list alumni-unsoed@yahoogroups.com mencoba mengingat kembali berbagai makanan di Purwokerto yg tentu telah menjadi energi dalam belajar.  Kami mencoba menglist dari posting rekan-rekan semuanya barangkali bermanfaat nanti bila ada waktu untuk ke sana.tentu rentan waktu yang lama telah merubahnya sehingga beberadaannya belum di pastikan. Namun yg pasti itu dan di sana pernah adaso bias ada atau sudah kena bongkarhehee.

 

  • Pecel Bu Wardi: deket kampus pusat Unsoed, sebelah
    PUSKOM.
  • Mie Ayam Pak Kumis: Ujung jl gunung muria, sekarang
    juga ada yang di pertigaan sumampir.
  • Soto: Jl Bank (udah pindah katanya), deket Kedon dalem
    (?)
  • Bakso: Jl A. Yani IV, belakang kantor pos besar,
    sebelah kantor telkom,
  • Siomay & bakso : Jl. jend sudirman, sebelah timur
    pasar wage
  • Mendoaan: sawangan
  • Sate : Banaran & tiga saudaradi jalan kombas
  • Kripik tempe: sawangan
  • Dawet Ayu: belakang matahari/SE (terminal angkot
    bondalem)
  • Es campur : pertigaan sumampir.
  •  Mie djawa, masaknya pake areng..tempatnya kalau malem di kebon dalem-terminal lama ( buka setelah toko Rita ? tutup) ..temen-temen kost bilang "Mie sundel bolong" hiik soalnya persis sebelah kuburan ...hikk..yang penting enak !
  • Terus Mie sejenis ( pake areng) di pasar Wage jualannya juga malem, yaa persis di lampu merah tempat parkir pasar
  • Kupat sroto pasar manis (G Soetedja) jualannya cuma pas pasar buka .
  • Sate brutu sokaraja- buka cuma malem aja, setelah tikungan (kalau kekiri ke Purbalingga - kanan ke Banyumas/ Kali Bagor ? ) dari tikungan itu 150 m kearah Banyumas
  • Kalau soto kecik Sokaraja yang asli "udah enggak bisa bedain-nya saking banyaknya pake trade mark soto kecik" yang mana ???
  • Pak Wir...mendoan dan Jahe Susu , pasar wage ?
  • Rujak sawangan pigimane ? masiih ?
  • Natam, masih tetep yaa tempatnya ..sekarang yang jualan bininya...wedang tape'ne....toopp boanget
  • Jahe susu depan RRI kemana yaa ?
  • Sate kambing Aloen-aloen dulu di dekat rumahnya Pak Musa Alm (Dekan FE)

Siapa mau nambahkan lagi .. atau yang mau promosi apa saja silahkan ?

 

Hotel di Purwokerto

  • Dinasty Hotel
    Jl. Dr. Angka 71 Pwt. Telp. +62-281-631325
  • Darajati Hotel
    Jl. Prof. Dr. Bunyamin 637 C Pwt. Telp. +62-281-626803
  •  Borobudur Hotel & Restaurant
    Jl. Yosodarmo 32 Pwt. Telp. +62-281-635341
  •  Banyumas Hotel
    Jl. Masjid 19 Pwt. Telp. +62-281-635405
  •  Moroseneng Hotel
    Komp. Wisata Baturraden Pwt. Telp. +62-281-681789
  •  Mutiara Hotel
    Jl. Jend. Gatot Subroto 70 Pwt. Telp. +62-281-636588
  •  New Aprilla Hotel
    Ds. Karangmangu Pwt. Telp. +62-281-681203
  •  Orlando Hotel
    Jl. DI Panjaitan 119-A Pwt. Telp. +62-281-624159
  •  Queen Garden Hotel
    Komp. Wisata.Baturraden Pwt. Telp. +62-281-681388
  •  Rosenda Hotel
    Jl. Pariwisata Ketenger Pwt. Telp. +62-281-681850
  • Budhi Hotel
    Ds Karang Mangu 25 Pwt. Telp. +62-281-681205
  • Asri Hotel
    Ds Karang Mangu 81 Pwt. Telp. +62-281-681911
  • Indra Prasta Hotel
    Ds Karang Mangu RT 01/II Pwt. Telp. +62-281-681201
  •  Pondok Indah Hotel
    Ds Karang Mangu RT 06/III Pwt. Telp. +62-281-681734
  •  Wisma Tepat
    Ds Karang Mangu RT 07/II Pwt. Telp. +62-281-681202
  •  Sampurno Losmen
    Gerilya Pwt. Telp. +62-281-636394
  •  Mukti Jaya Losmen
    Gerilya Pwt. Telp. +62-281-632454
  •  Besar Hotel
    Jend Sudirman 332 Pwt. Telp. +62-281-636111
  •  Widodo Asli Hotel
    Jend Suprapto 41 Pwt. Telp. +62-281-636634
  •  Cendrawasih Hotel
    Jend Sutoyo 47 Pwt. Telp. +62-281-640112
  • Palapa Hotel
    Letjen S Parman 283 Pwt. Telp. +62-281-631283
  •  Laksana Losmen
    Letjen S Parman 55 A Pwt. Telp. +62-281-634941
  •  Gunung Slamet Hotel
    Letkol Isdiman 20 Pwt. Telp. +62-281-636407
  •  Teratai Mas Hotel
    Mayjen DI Panjaitan Pwt. Telp. +62-281-640787
  •  Mustika Sari Hotel
    Pasar Sri Rahayu 51 Pwt. Telp. +62-281-634080
  •  Trisna Asih Losmen
    Pasar Sri Rahayu 594 Pwt. Telp. +62-281-634616
  •  Pondok Biru Penginapan
    Pasar Srirahayu Pwt. Telp. +62-281-636501
  •  Nuur Losmen
    Pasar Wage I/64 Pwt. Telp. +62-281-637941
  •  Sultana Losmen
    Perintis Kemerdekaan 85 Pwt. Telp. +62-281-636481
  •  Irby Hotel
    Raya Baturaden Pwt. Telp. +62-281-681661
  •  Cahya Nirwana Hotel
    Jl. Kolonel Sugiono 15 Pwt. Telp. +62-281-625894
  • Kusuma Sari Hotel
    Raya Baturaden 20 Pwt. Telp. +62-281-681361
  •  Wina Hotel
    Raya Baturaden 463 Pwt. Telp. +62-281-681944
  •  Manira Hotel
    Raya Baturaden Km 12/5 Pwt. Telp. +62-281-681311
  •  Kelapa Gading Indah Hotel
    Raya Timur Wangon 621 Pwt. Telp. +62-281-631339
  •  Wisma Tirta Losmen
    Raya Wangon 2989 Pwt. Telp. +62-281-638638
  •  Stasiun Hotel
    Setasiun Gg I/8 Pwt. Telp. +62-281-622990
  •  Taman Sari Hotel
    Wisata Baturaden Pwt. Telp. +62-281-681424
  •  Safari Hotel
    Wisata Baturaden Pwt. Telp. +62-281-681331
  •  Resor Prima Baturraden
    Wisata Baturaden Pwt. Telp. +62-281-637977
  •  Ardi Kencana Cottages
    Wisata Baturaden Pwt. Telp. +62-281-681991
  •  Tiara Hotel
    Letjen S Parman 130 Pwt. Telp. +62-281-630336

(Sumber: http://www.purwokerto.indo.net.id)

Enter supporting content here